Laman

Kamis, 12 Agustus 2010

Selera Indonesia di Bulan Ramadhan

JAKARTA – Takjil di bulan Ramadhan menjadi menu wajib hidangan buka puasa. Tak ketinggalan, restoran di hotel berbintang pun menyajikannya.
Salah satunya ditawarkan The Gallery Restaurant Hotel Ciputra. Agak berbeda dengan hari biasa, restoran ini mengisi meja prasmanan (buffet) mereka dengan aneka hidangan yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Salah satunya takjil yang menyajikan cita rasa manis.

“Sengaja kami sajikan menu buka puasa yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia karena kebanyakan orang yang datang juga orangorang Indonesia,” kata Executive Chef The Gallery Res- Dijataurant Sugiyanto.

Untuk takjil, hotel yang menyatu dengan Mal Ciputra ini menyajikan aneka panganan manis seperti kolak, bubur, es kelapa muda, es belewah, bubur ketan hitam, dan bubur sumsum. “Takjil ini akan dirotasi terus selama satu minggu. Semua ada di paket Ramadan,” ujar Chef Sugiyanto.

Sebagai menu unggulan, dipilih aneka hidangan seafood. Pilihan tersebut menurut Chef Sugiyanto, dengan pertimbangan banyaknya pengunjung yang berminat dengan hidangan laut.

“Biasanya kalau ada menu seafood, cenderung lebih cepat habis dibandingkan dengan menu yang lain,” ungkapnya.

Menu yang spesial yang akan disajikan antara lain king prawn with balado sauce. Udang galah sebagai bahan utama digoreng sebentar untuk mempertahankan cita rasa udang asli.

Pertama kali digigit, akan terasa kerenyahan dan kegurihan udang segar. Saus balado yang membalutnya merupakan kombinasi cita rasa pedas, asam, dan manis yang menawarkan perpaduan yang pas di lidah.

Hidangan ini merupakan hasil kreasi chef yang memadukan berbagai unsur. Chef Sugiyanto menamakannya king prawn style Indonesia. Merupakan kombinasi balado dari Manado yang masuk ke Asian style, yakni bahan udang yang digunakannya.

“Pertama kali melihat penampilannya seperti pedas, tapi sebenarnya tidak. Ini merupakan paduan dari rasa pedas, manis, asam,” sebut Chef Sugiyanto.

Untuk menghilangkan aroma amis, chef yang berpengalaman di dunia kuliner ini memberi tips. Cuci bahan seafood yang akan dimasak dengan sagu, kemudian bilas dengan air dan tiriskan. Di jamin, aroma yang kurang enak bakal hilang.

Sajian lainnya yang layak Anda coba adalah grill stuffing squid with turmeric sauce and vegetable. Kreasi baru dari Chef Sugiyanto ini unik dan cocok untuk hidangan berbuka puasa. Aroma bakaran dari cumi-cumi panggang, tercium ketika Anda menikmatinya. Untuk isian cumi-cumi, pengunjung dapat memilih antara udang atau ikan.

“Ini merupakan kreasi baru dan Oriental. Sausnya kami pakai bumbu gulai yang berasal dari Indonesia, tapi stuffing-nya Asia. Jadi, dikombinasikan supaya masuk ke bulan puasa. Sebenarnya ini bumbu gulai, tapi paketnya dalam bentuk Asia,” ungkap Chef Sugiyanto.



Sandwich Pisang Isi Keju



Bahan:
1 buah pisang tanduk
20 gram keju
1 lembar selada
20 gram beef pastrami
60 gram kentang goreng

Cara Membuat:
1. Pisang dikupas, dikeprek kemudian dipanggang.
2. Belah pisang jadi dua isi dengan keju, selada dan beef pastrami.
3. Letakkan di atas piring, sajikan dengan kentang goreng.
4. Untuk 1 porsi



Kolak Pisang



Bahan:
3 buah pisang tanduk
1 liter santan
200 gram gula pasir
100 gram gula merah
5 gram garam dapur

Cara Membuat:
1. Didihkan santan dengan gulaa pasir dan gula merah.
2. Masukkan pisang tanduk yang sudah dikupas dan di potong sesuai selera ke dalam santan yang telah mendidih.
3. Rebus sampai pisaang matang.
4. Tambahkan daun pandan untuk penyedap, lalu sajikan menggunakan mangkuk saji.
5. Untuk 4 porsi



Puding Susu



Bahan:
1 liter susu segar
200 gram gula pasir
8 butir telur ayam
2 tetes vanili cair

Cara Membuat:
1. Aduk semua bahan kemudian dicetak dalam cetakan puding yang diolesi dengan mentega.
2. Panggang dalam oven dalam loyang yang telah diberi air, selama 1 jam.
3. Setelah matang, tunggu sampai dingin, lalu dikeluarkan dari cetakan, kemudian hias sesuai selera.




Es Kelapa Muda dengan Biji Selasih



Bahan:
2 buah kelapa muda
20 cc sirup sarang sari
1 gram selasih
Es batu secukupnya

Cara Membuat:
1. Belah kelapa muda, lalu kerok isinya dan sisihkan airnya.
2. Tempatkan kelapa muda di mangkuk saji dengan air kelapa secukupnya.
3. Tambahkanlah sirup sarang sari, aduk sampai rata lalu taburkan selasih yang telah direndam dengan air terlebih dahulu.
4. Sajikan dengan es batu secukupnya.
5. Untuk 1 porsi




referensi : http://www.okezone.com/

2 komentar: