Laman

Minggu, 15 Agustus 2010

Pantangan Sebelum Tidur


1. Kafein
Anda harus menghindari minuman dan makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, beberapa minuman ringan, dan coklat, beberapa jam sebelum tidur. Kafein adalah unsur kimia yang alami yang mengaktifkan pusat sistem saraf, yang berarti bahwa kafein dapat mempercepat jalannya syaraf dan proses pemikiran atau perhatian. Bagi orang yang sensitif terhadap kafein, rasa gairah yang ditimbulkannya menjadi tidak nyaman, membuat mereka merasa gugup dan agak sakit. Jika Anda meminum minuman yang mengandung kafein terlalu dekat jaraknya dengan waktu tidur, maka kafein akan membuat Anda tetap terjaga.



2. Alkohol
Walaupun banyak orang yang menggunakan alkohol untuk membantu mereka santai sebelum tidur, namun efeknya lama-kelamaan akan berkurang, sehingga mereka bangun di tengah malam. Seiring dengan waktu, alkohol akan menyebabkan tidur menjadi kurang berkualitas, sehingga tidur hanya akan menjadi sebuah rutinitas dalam hidup. Jangan meminumnya seperti Anda meminum obat tidur. Dan jika Anda mempunyai insomnia, menjadi sebuah saran yang kuat untuk menghindari alkohol untuk beberapa minggu untuk melihat apakah masalah tidur Anda terselesaikan.

Alangkah baiknya jika kita bisa menghentikan kebiasaan minum alkohol ini, terutama untuk Anda yang cewek, banyak keburukannya ketimbang manfaatnya. Dan itu sudah terbukti dalam berbagai penelitian.


3. Makanan berat

Makan menu makan malam yang besar, atau bahkan cemilan besar sebelum tidur, akan membuat Anda mengantuk, tapi tidur tidak akan benar-benar nyenyak. Ketika Anda berbaring dan mencoba untuk tidur, pencernaan Anda akan melambat, membuat Anda merasa nyaman, dan bisa jadi membuat Anda terbangun. Sebaiknya Anda makan malam yang tidak lebih dari 600 kalori, dan paling tidak tiga jam sebelum tidur.





4. Jangan minum 90 menit menjelang tidur


Sebuah saran terbaik bagi mereka yang sering terbangun di tengah malam untuk ke kamar kecil adalah dengan tidak minum air dalam waktu 90 menit sebelum tidur. Membutuhkan waktu sekian lama bagi tubuh Anda memproses cairan jenis apapun. Jika Anda harus minum air untuk minum obat, minumlah sesedikit mungkin. Jika obat tersebut membutuhkan satu gelas penuh air, minumlah sesore mungkin jika mungkin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar